Essay Digital Marketing

Hallo, Sobat Dunia Kampus

Di era kemajuan  teknologi informasi dan komunikasi,  digital marketing menjadi sangat penting. Terutama dimasa pandemi covid 19 seperti ini. Banyak kegiatan secara langsung dibatasi, termasuk pemasaran konvensional. Maka, digital marketing menjadi peluang besar bagi para wirausaha. digital marketing sendiri adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet.

Di Indonesia, digital marketing sudah sangat berkembang mengingat pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat. Menurut  Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) jumlah pengguna internet di Indonesia hingga kuartal II/2020 sebanyak 196,7 juta atau 73,7 persen dari populasi dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Tidak heran apabila digital marketing dapat berkembang secara pesat dalam memasarkan produknya di Indonesia.

ada berbagai jenis cara mudah untuk melakukan digital marketing, yaitu :

1. Social Media Marketing

Menurut we are social pengguna social media di Indonesia 61,8 persen dari populasi penduduk indonesia. Dengan banyaknya pengguna social media di Indonesia, Social media marketing merupakan salah satu cara efektif untuk mempromosikan bisnis. Ada banyak platform media sosial yang bisa dipilih mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, dan banyak lagi. Pilih media sosial yang sesuai dengan target pasar. Misalnya, jika bisnisnya menekankan pada visual misalnya seperti bisnis pakaian, Instagram kemungkinan pilihan yang lebih sesuai. Jika spesialisasi bisnisnya adalah B2B, LinkedIn jadi platform yang tepat. 

Social media marketing juga memberikan banyak manfaat bagi sebuah bisnis, diantaranya meningkatkan popularitas produk, memudahkan  dalam mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan pengunjung website dan peringkat pada mesin pencarian, dan menjaga hubungan baik dan kepuasan pelanggan.

2. Content Marketing 

Content marketing adalah pemasaran online yang berfokus dalam merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, konsisten, dan mampu menarik perhatian banyak orang sehingga membuat mereka tertarik menggunakan produk atau jasa yang  ditawarkan.

Dengan membuat konten unik, bisa lebih mudah menarik pelanggan. Saat ini rata-rata bisnis menerapkan content marketing, baik melalui blog, video, podcast, e-book, dan sebagainya.

3. Website

Website adalah kumpulan halaman dalam suatu domain yang memuat tentang berbagai informasi agar dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui sebuah mesin pencari. 

Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis yang dilakukan, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah. dan mempromosikan usaha selama 24 jam penuh.

 4. SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization adalah proses mendapatkan traffic berkualitas baik yang secara gratis, maupun berbayar. Untuk menarik banyak pengunjung, diharuskan mengoptimalisasi konten seperti menentukan kata kunci yang relevan untuk judul, deskripsi, isi website, serta membangun backlink yang relevan. Tanpa hal ini, website akan sulit di temukan pengunjung.

5. PPC (Pay Per Click) 

Pay per click merupakan model advertising di mesin pencari seperti Google. Pada dasarnya, model ini digunakan agar website bisa muncul di paling atas di hasil mesin pencari dengan cara berbayar. Pay per click ini bisa menjadi solusi jangka pendek untuk memasarkan bisnis dan cara berjualan online yang efektif untuk menawarkan promo-promo tertentu.

6. Email Marketing

Biasanya email marketing digunakan untuk pemasaran yang sifatnya langsung seperti menyampaikan informasi atau update, penawaran, promo, dan sebagainya. Namun, email marketing juga bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Dalam melakukan email marketing, diperlukan strategi  agar email dibaca dan tidak masuk ke kotak spam. Cari tahu kapan waktu yang pas untuk mengirim email dan terus update mailing list bisnis. Bisa juga menggunakan jasa email marketing tools   

Dalam praktiknya, banyak hal yang perlu diperhatikan agar dapat menerapkan digital marketing yang efektif untuk meningkatkan profit perusahaan. Digital marketing selalu mengikuti pasar yang sedang ada. Melihat kondisi seperti sekarang, dalam digital marketing, hanya diperlukan strategi yang relevan dan bisa melihat sejauh mana metode pemasaran dapat berkembang melalui tools digital marketing yang ada.

Digital marketng sangat menguntungkan dalam mempromosikan sebuah bisnis. Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, digital marketing lebih banyak manfaat. Beberapa diantaranya, yaitu :

1. Menghemat Biaya Promosi

Digital marketng imembantu menghemat biaya promosi dibandingkan dengan cara-cara konvensional seperti brosur, baliho, atau membikin iklan di radio dan televisi. Dengan biaya yang rendah, digital marketing bisa mencakup target yang lebih luas yang tidak mungkin dilakukan oleh media pemasaran lainnya.

2. Saran Penghubung yang Baik Dengan Konsumen

Pelanggan atau Konsumen adalah salah satu hal penting dalam suksesnya sebuah bisnis.  Oleh karena itu, membangun kedekatan yang baik dengan pelanggan tentunya sangat penting. Digital marketng biasanya dilakukan dengan beragam media yang terhubung secara langsung dengan konsumen. Meskipun belum saling mengenal satu sama lain, dengan teknologi digital dimungkinkan untuk melaksanakan komunikasi dengan konsumen secara langsung dengan teknik digital marketing.

3. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Digital marketing bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka bisnis yang dikelola tentunya akan dapat dikenal di  berbagai wilayah. Dengan demikian, peluang mendapatkan kunsomen pun juga dapat semakin besar.

4. Meningkatkan Penjualan

Tujuan dari aktivitas digital marketing yaitu untuk meningkatkan penjualan dari suatu produk bisnis. Nah, karena digital marketing bisa menjangkau lebih banyak sasaran konsumen, karena akses digital marketing bisa menjangkau semua wilayah yang terkoneksi dengan internet. Maka hal ini nantinya juga akan berdampak pada meningkatnya penjualan.

5. Memudahkan Dalam Melakukan Evaluasi

Internet merupakan akses terbuka dimana bisnis dapat terhubung oleh berbagai portal secara online. Ketika sebuah bisnis ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja bisa melihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begini juga bisa melihat kekuatan dan kelemahan untuk selanjutnya dapat menjadi bahan evaluasi ke depannya. Apakah ada fitur atau layanan yang harus di perbaiki, strategi pemasaran yang seperti apa dan lain sebagainya. 

6. Membantu Bersaing Dengan Perusahaan Besar

Sebelum teknologi informasi dan komunikasi berkembang cepat seperti sekarang, pengusaha kecil atau pemula biasanya akan susah sekali bersaing dalam dunia bisnis. Tetapi, tidak untuk sekarang.

Tidak cuman membuat posisi bisnis sejajar dengan pesaing, melainkan pemasaran digital juga memungkinkan bisnis untuk bersaing head to head dengan merek dan perusahaan besar. Dengan menjalankan pemasaran yang tepat sasaran menerapkan berbagai media digital yang ada.

Selain manfaat, digital marketing juga mempunyai tantangangannya sendiri. Biasanya tantangan utama pelaku pemasaran di Indonesia adalah terbatasnya dana, ketrampilan, serta kurangnya sumber daya. Sedangkan bagi pengiklan, tantangannya yaitu kurangnya pemahaman tentang tujuan dari digital marketing. Kurang lebih 50% pengiklan kurang memahami metode pemasaran yang efektif bagi bisnis mereka. Akibatnya, sebagian besar konten digital marketing lebih ditujukan untuk membangun awareness, bukan untuk menghasilkan penjualan langsung atau direct sales.  

Jadi, digital marketing saat ini merupakan suatu keharusan untuk dilakukan bagi semua perusahaan dan merupakan strategi pemasaran yang efektif. 

 

 

  

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Komik Korea (Manhwa) yang Harus Kamu Baca !!! Part 1

Kewirausahaan di Era Digital